Senin, 01 Oktober 2012

E-Tailing




Electronic retailing (e-tailing): bisnis retail yang dilaksanakan secara online melalui internet.

E-tailers: Pelaku bisnis retail melalui internet.

Karakteristik e-tailing yang berhasil :
Merek yang cukup dikenal
Garansi diberikan oleh perusahaan yang dikenal dengan baik.
Format berbentuk digital (software)
Produk yang sering dibeli oleh masyarakat secara teratur (kebutuhan sehari-hari)
Produk dengan spesifikasi standar sehingga pemeriksaan secara fisik tidak perlu. (buku, obat-obatan)
Produk yang dikemas secara baik sehingga tidak mungkin dibuka sekalipun konsumen berbelanja di toko traditional. (vitamin dll)



Produk apa saja yang cocok dijual di internet ?
Computer hardware and software
Peralatan electronics
Alat-alat olah raga
Peralatan & kebutuhan kantor
Buku dan Musik
Mainan
Kesehatan dan kecantikan
Hiburan
Pakaian
Mobil
Jasa
Dan lain-lain

Klasifikasi e-tailing berdasarkan saluran distribusi :
Penjulan langsung oleh perusahaan mail order 
Penjualan langsung dari manufaktur 
Pure-play e-tailers
Click-and-mortar retailers
Internet (online) malls




Penjulan langsung oleh perusahaan mail order
Penjualan langsung : secara luas adalah pemasaran yang dilakukan tanpa adanya perantara antara manufaktur dan pembeli. Dalam konteks pembahasan kita penjualan langsung adalah pemasaran yang dilaksanakan secara online antara penjual dan pembeli.
Perusahaan mail order
Perusahaan yang memasarkan produknya melalui pengiriman katalog/brosur melalui surat.
contohnya : katalog easypay citibank dapat juga kita akses melalui web

Penjualan langsung oleh manufaktur
Pabrik langsung menjual produknya ke konsumen, keuntungannya adalah : Penjual mengerti pasarnya dengan baik sebab ada komunikasi langsung dengan pembeli sebaliknya pembeli memperoleh informasi produk lebih baik karena secara langsung berhubungan dengan manufakturnya.
contohnya : Dell Computer


Virtual (pure-play) e-tailers: 
Perusahaan yang secara langsung menjual produknya ke konsumen melalui internet tanpa menyediakan saluran penjualan secara fisik. 
Contohnya : Amazone.com

Click-and-mortar retailers: Brick-and-mortar retailers yang memiliki website sebagai sarana untuk melakukan transaksi bisnis.
Multichannel business model: Perusahaan yang melaksakan penjualan melalui berbagai macam saluran pemasaran secara bersamaan.
Contohnya: Imanuelbookstore.com, Bhinneka.com, clickbookshop.com dll

Internet (online) malls
Mall yang toko-tokonya tidak dapat kita kunjungi secara fisik tetapi secara virtual, kita dapat mengunjungi toko-tokonya melalui internet
o Mengacu kepada direktori
§ Direktori disusun berdasarkan jenis produk
§ Daftar katalog atau banner iklan pada website mall mengiklankan produk atau toko
o Mall dengan jasa layanan bersama 
§ Konsumen dapat menemukan produk yang diinginkan, memesan dan membayarnya serta mengatrur pengiriman. 
§ Hosting mall menyediakan jasa ini, tetapi dilaksanakan sendiri-sendiri oleh masing-masing toko.

Penyebab retailer tidak mau melaksanakan etailing antara lain :
Produk tidak cocok dijual secara online. 
Peluang kurang dan tidak signifikan
Terlalu mahal
Teknologi tidak siap
Penjualan online bertentangan dengan bisnis utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar